| 0 komentar ]

Masyarakat kita membutuhkan terhadap PAUD. Hal tersebut karena di Negara kita ada sekitar 33 juta anak perlu di Masa Keemasan Pertumbuhan Anak Terletak pada usia 0-6 Tahun.

Anak-anak usia 0-6 tahun harus memiliki akses pada pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Di Indonesia, ada lebih dari 33 juta anak yang berusia 0-6 tahun. Mereka perlu disiapkan menjadi generasi yang lebih baik sedini mungkin.

Bunda Ella Yulaelawati (Mantan Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pernah mengatakan, bahwa pencapaian 100 tahun Indonesia merdeka sangat ditentukan oleh bagaimana Indonesia memanfaatkan peluang bonus demografi dengan menyiapkan tenaga kerja yang nanti jumlahnya melimpah.

Anak usia 0-6 tahun pada tahun 2010 jumlahnya sekitar 32,5 juta orang, pada tahun 2045 usia mereka mencapai 35-41 tahun. Proyeksi berdasarkan hasil Survei Penduduk 2010 menyebutkan pula bahwa anak usia 0-6 tahun pada tahun 2016 yang berjumlah 33.5 juta orang, pada 20145 mencapai 29-35 tahun.

Hal tersebut merupakan usia produktif, yang jika dipersiapkan dengan baik dan matang, nantinya akan menjadi modal pembangunan. Sebaliknya, jika tidak dipersiapkan dengan baik dan matang, mereka justru kelak akan menjadi beban pembangunan nasional.

Anak-anak usia dini meruapakan masa depan. Layanan PAUD holistik Integratif dinilai mampu memberikan landasan yan lebih baik bagi mereka sehinga memiliki kemampuan literasi, numerasi, dan partisipasi ekonomi yang memadai.

Peningkatan mutu PAUD tidak hanya ditempuh dengan membekali guru PAUD supaya bisa mendidik secara benar dan peduli pada perkembangan holistik anak. Upaya pengembangan juga harus menyentuh orang-tua dan keluarga sehingga mereka bisa memahami perkembangan anak usia dini serta membantu mereka tumbuh optimal.

Sumber:
- Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat
- kemdikbud.go.id

0 komentar

Posting Komentar