| 0 komentar ]

Peran ibu, Bunda sadari bersama itu teramat penting, ayah pun perannya sangat penting. Peran ayah dalam pola pengasuhan tak bisa dipandang remeh. Sebagai kepala keluarga, ayah menentukan figur pemimpin yang diteladani anak. Bila ayah bisa memberi gambaran yang baik maka terlahir calon pemimpin yang berkualitas serupa.

Namun hal sebaliknya terjadi jika anak tumbuh tanpa figur ayah. Anak biasanya kurang paham arti tanggung tanggung jawab, serta hal lain yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Kurangnya kebugaran fisik anak yang tumbuh tanpa ditemani ayah. Akibatnya anak mudah sakit seiring proses tumbuh kembangnya. Kerap sakit membatasi kesempatan anak belajar keterampilan hidup, hingga kompetensinya minim ketiak sudah dewasa.

Peran ayah saat ini sebetulnya bisa lebih besar. sayangnya hal tersebut tak didukung kondisi lingkungan sekitar. Ella mencontohkan cuti hamil selama tiga bulan yang hanya bisa diambil ibu. “Dengan kondisi maka waktu ayah untuk anak menajdi sangat terbatas, akhirnya praktis perannya hanya pemberi nafkah keluarga.

Kenyataan tersebut sekaligus menegaskan, pengasuhan anak adalah peran ibu secara tidak tertulis. Padahal, peran ayah dalam fase tersebut penting sebagai pemberi perlindungan dan mengasuh anak bersama ibu. Ayah bisa meletakkan dasar dan merangsang pendidikan, sekaligus membantu kondisi keluarga tetap seimbang.

Namun dengan segala keterbatasan yang ada, seorang ayah tak seharusnya menyerahkan tugas pengasuhan hanya pada ibu. Masyarakat Indonesia bisa belajar dari cerita pemimpin terdahulu, yang belajar figur teladan dari ayah. Pemuka masyarakat biasanya punya peran besar dalam membesarkan putera puterinya.

Kita semua tentunya berharap para ayah saat ini bisa belajar dari cerita para pendahulu. Hal ini bisa dimulai dengan interaksi yang lebih masif, mulai ketika anak masih dalam kandungan. Ayah bisa mengajak anaknya bermain di luar rumah, berpetualang, atau membaca buku yang menarik. Ayah harus segera menyadari peran pentingnya dalam melahirkan pemimpin yang bijaksana, rasional, rajin membaca, serta penemu handal.

Para Bunda PAUD, tugas pengasuhan sejatinya bukan hanya tugas ibu, ayah harus ikut membantu mendidik buah hati keluarga. Peningkatan pengetahuan terkait keseimbangan peran orangtua, belum sebanding dengan kenyataan di lapangan.

Sumber:
- Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat
- kemdikbud.go.id

0 komentar

Posting Komentar