| 0 komentar ]

Anak-Anak usia Pendidikan Anak Usia Dini tinggal di berbagai tempat, ada yang di kota, desa, desa terpencil, bahwan banyak juga yang berdiam di wilayah perbatasan.

Walapun mereka tinggal didaerah perbatasan yang memiliki akses serba terbatas, Pemerintah senantiasa memberikan perhatian cukup serius dan nyata terhadap tumbuh-kembang anak, termasuk pentingnya memberikan pendidikan karakter bagi anak-anak.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran dan etos kerja. Karena itu, dalam proses pendidikan anak usia dini di daerah perbatasan, Ella meminta tenaga pendidik mengajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak.

Ada enam pendidikan karakter yang harus diajarkan untuk menumbuhkan karakter yang kuat pada diri anak-anak didaerah perbatasan. Keenam nilai-nilai dalam pendidikan karakter tersebut meliputi sikap dapat dipercaya, adil, bertanggung jawab, peduli dan saling menghargai perbedaan, sehingga anak-anak mampu menunjukkan sikap respek satu sama lain.

Menurut Bunda Ella, anak-anak yang tinggal di daerah perbatasan tidak saja bagian dari warga negara Indonesia dan anak-anak Indonesia, tapi juga warga Dunia.

Selain itu, pihakn PAUD Kemdikbud telah membuat bahan ajar terkait dengan penggunaan bahasa daerah yang ada di Indonesia, yang banyak digunakan sebagai bahasa ibu dalam menyampaikan proses PAUD. Bahan ajar tersebut berupa buku cerita yang terdiri atas empat judul, yaitu Si Tupai, Aku Suka Buah,Kucing Emas dan Siapa Yang Paling Cantik?.

Buku-buku cerita tersebut kemudian kami terjemahkan kedalam enam bahasa daerah, yaitu bahasa Sunda, Jawa, Bali, Madura, Sasak dan Melayu..

Kita semua tentunya berharap, bahwa dengan adanya bahan ajar berbasis bahasa ibu ini dapat memberikan kepandaian dalam bahasa asliyang sangat penting untuk proses belajar berikutnya bagi anak karena bahasa ibu berkaitan dengan dasar cara berfikir. Kepandaian yang kurang dari bahasa pertama sering kali membuat proses belajar bahasa lain menjadi sulit. Karena itu, bahasa asli memiliki peran sentral dalam pendidikan.

Sumber:
- Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat
- kemdikbud.go.id

0 komentar

Posting Komentar